UJI PUBLIK NASKAH AKADEMIK
SISTEM INOVASI NASIONAL

 

Menindaklanjuti Naskah Akademik SINas yang sudah tersusun, maka pada tahun 2013 Kementerian Riset dan Teknologi akan melakukan Uji Publik Naskah Akademik SINas. Salah satu cara yang dilakukan oleh Kementerian Riset dan Teknologi untuk melakukan uji publik yaitu melalui website dengan tujuan memudahkan akses setiap elemen masyarakat di seluruh Indonesia untuk memberikan masukan/saran terhadap penyempurnaan Naskah Akademik SINas. Oleh karena itu kami mengharapkan tanggapan, masukan dan saran dari masyarakat terkait rencana amandemen UU No. 18 Tahun 2002 atau rencana penyusunan Undang-Undang SINas termasuk pasal-pasal yang perlu diubah atau ditambahkan.

Telah kita ketahui bersama bahwa Ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) mempunyai peran penting bagi upaya pencapaian kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat. Dalam rangka mewujudkan pembangunan iptek yang mampu memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan nasional, maka disusunlah Undang-Undang No. 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, yang bertujuan untuk memperkuat daya dukung ilmu pengetahuan dan teknologi bagi keperluan mempercepat pencapaian tujuan negara, serta meningkatkan daya saing dan kemandirian dalam memperjuangkan kepentingan negara dalam pergaulan internasional.

Tujuan yang dimaksud dalam UU No. 18 Tahun 2002 tersebut juga searah dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP). Dalam rangka mewujudkan visi sebagai negara maju dan sejahtera pada tahun 2025, Indonesia bertekad mempercepat transformasi ekonomi, melalui Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), yang tetap merupakan bagian dalam sistem perencanaan pembangunan nasional yang sudah ada. Tiga pilar utama pelaksanaan MP3EI adalah: (1) pengembangan potensi ekonomi pada enam koridor pembangunan; (2) memperkuat konektivitas nasional; dan (3) pengembangan SDM dan iptek.

Terkait dengan hal tersebut diatas, Kementerian Riset dan Teknologi sesuai dengan tugas dan fungsinya diamanahkan untuk membantu Presiden dalam merumuskan dan menetapkan kebijakan serta koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan di bidang riset dan teknologi. Fokus kebijakan Pembangunan IPTEK diarahkan untuk membangun SINas yang meliputi: (1) menciptakan ruang yang berfungsi sebagai “panggung inovasi”, agar terjadi interaksi dan kolaborasi yang baik antar aktor-aktor inovasi nasional dalam suasana yang kondusif; (2) mempercepat koordinasi dan intermediasi antara penyedia dan pengguna teknologi, dan (3) mendorong pemanfaatan hasil litbang guna menyelesaikan permasalahan pembangunan, meningkatkan daya saing, memberikan layanan kepada masyarakat serta mencapai kemandirian bangsa.

Regulasi dan kebijakan yang ada saat ini dirasakan masih perlu sinkronisasi, penyempurnaan, atau bahkan dilengkapi, sehingga dapat diimplementasikan secara efektif dan utuh, termasuk pelaksanaan UU No. 18 Tahun 2002. Kemungkinan mengamandemen UU No. 18 Tahun 2002 atau penyusunan Undang-Undang SINas merupakan alternatif yang perlu dieksplorasi lebih lanjut dalam rangka pembangunan iptek untuk mencapai kemandirian bangsa dan kesejahteraan rakyat.

 

Silahkan download Bahan Uji Publik Naskah Akademik Sistem Inovasi Nasional dibawah ini :

No Bahan Uji Publik Naskah Akademik SINas
1 UU No.18 Tahun 2002
2 PP No.20 Tahun 2005
3 PP No.41 Tahun 2006
4 PP No. 35 Tahun 2007
5 PP No.48 Tahun 2009
6 Naskah Akademik Sinas

Tanggapan, saran dan masukan dapat dikirimkan melalui email : legislasi@ristek.go.id